Sejarah Perkembangan Sistem Informasi / Teknologi Informasi

A. Sejarah Teknologi Informasi

    Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

a. Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)

Pada masa ini teknologi informasi masih menjadi sesuatu yang asing, namun pada zaman itu manusia sudah mulai menemukan teknologi teknologi sederhana yang bisa berguna bagi kehidupan mereka. dan penemuan penemuan teknologi tersebut kemudian mereka gambar pada dinding – dinding gua tempat mereka tinggal.

b.  Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

Pada zaman ini manusia sudah mulai berkembang sedikit demi sedikit dalam penemuan teknologi, dan sudah terlihat pada zaman itu manusia lebih pintar daripada sebelumnya. teknologi yang ditemukan pun sudah semakin memudahkan hidup mereka.dan pada zaman tersebut untuk saling bertukar informasi semakin mudah daripada zaman sebelumnya.

1) Masa Tahun 3000SM – 500 SM

Pada masa ini Manusia sudah mulai mengenal simbol atau tulisan yang terdapat di dinding dinding goa, dan tulisan atau simbol tersebut memudahkan manusia dalam berkomunikasi atau menjalani hidupnya. pada zaman tersebut juga manusia sudah menemukan  media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari sebelumnya yaitu menggunakan serat pohon.

2)Masa Tahun 1900-an

Pada kurun waktu ini sudah banyak teknologi informasi yang ditemukan seperti tabung tv pada tahun 1923,Komputer Digital pertama di Dunia pada Tahun 1946, Mengembangkan Transistor pada Tahun 1948,Sistem jaringan pada tahun 1969, Program E-mail pada Tahun 1972, Diperkenalkan nya WWW pada tahun 1992.

B. Perkembangan Komputer

a. Komputer Generasi I

computer-history0003

Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.

Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
  2. Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
  3. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
  4. Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
  5. Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
  6. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  7. Prosesnya relatif lambat.
  8. Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
  9. Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  10. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

      b. Komputer Genarasi Kedua

komputer-generasi-kedua

generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
  • Sirkutinya adalah transistor.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
  • berorientasi pada bisnis dan teknik
  • Proses operasi sudah cepat

c.Komputer Generasi Ketiga

unduhan

Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

D.Komputer Generasi Keempat

Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan  tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  • Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)

E.Komputer Generasi Kelima

komputer-generasi-kelima

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

C.Perangkat Komputer

Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran Fisik dan Kemampuan Pemrosesan  :

1. Super Komputer; memproses ratusan milyar instruksi per detik.

2. Komputer Mainframe; memproses ratusan juta instruksi per detik

3. Komputer Mini; mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan komputer    mainframe, tergantung dari ukuran fisiknya.

4. Komputer Personel; memproses jutaan instruksi per detik

Perangkat Keras Komputer

1. Bahasa Mesin

Perangkat keras komputer berpikir dalam bahasanya sendiri yang disebut sebagai bahasa mesin.

2. Unit Prosessor Pusat (Central Processor Unit / CPU)

Adalah bagian internal komputer yang menjalankan instruksi yang diberikan kepadanya oleh program komputer. CPU terdiri atas: Unit pengendali, Unit logika aritmatika (Aritmatic Logical Unit / ALU), dan Memori primer.

Unit Pengendali

Bertugas mengarahkan seluruh sistem komputer dalam menjalankan seluruh fungsinya.

     Unit Logika Aritmatika

Bertugas melaksanakan semua pekerjaan komputasi dan logika.

Memori Primer

Sebagai tempat menyimpan hasil instruksi-instruksi yang dilakukan ALU. Jenis memori ini mempunyai 2 ciri:

– Mudah berubah, data akan hilang jika aliran listrik off.

– Random accessible memory (RAM), berarti ALU dapat secara langsung mengakses data dalam memori.

3. Prosesor Pendukung

Adalah pembantu CPU yang bertugas melaksanakan fungsi-fungsi khusus. Contoh: Komunikasi, vidio/audio

4. Penyimpan Sekunder

Adalah penyimpanan data di luar CPU, yang terdiri atas:

1. Pita Magnetik, baik dalam bentuk rol dan cartridge

2. Disk Magnetik yang biasa disebut dengan disket

3. Disk Optikal (contoh CD-ROM)

D.Pemanfaatan Sistem Informasi / Teknik Informatika

Komputer merupakan aplikasi dari teknologi berbasis informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat dengan memproses, menyajikan dan mengelola informasi.

Pemanfaatan TI bagi perusahaan

Faktor yang mempengaruhi :

  1. Faktor Sosial
  2. Pengaruh
  3. Kompleksitas
  4. konsekuensi jangka panjang
  5. kondisi yang memfasilitasi

   Pemanfaatan Dalam Bidang Pendidikan

Di dalam bidang pendidikan ini, teknologi informasi atau sistem informasi sangatlah dibutuhkan karena sekolah memerlukan ilmu tambahan yang berasal dari luar sekolah dan dengan adanya teknologi informasi ini dapat memudahkan baik guru maupun siswa dalam memberikan materi ataupun soal melalui E-Learning.

Pemanfaatan Dalam Bidang Kesehatan

Didalam bidang ini,Teknologi informasi atau sistem informasi dapat mempermudah proses penyembuhan pasien karena dengan adanya teknologi informasi ini dapat membuat alat alat yang dapat menyembuhkan penyakit.

 

Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

A. Pemahaman Komponen Perangkat Keras

Input

Kebanyakan komputer tidak dapat menerima data dalam bentuk komunikasi manusia biasa seperti percakapan atau dokumen tertulis. Oleh karenanya, kita perlu mempresentasikan data ke komputer dengan suatu cara yang bisa memberikan konversi yang mudah ke bentuk elektronik.. Hal ini biasanya dicapai dengan mengetikkan data ke dalam peralatan keyboard yang mengubahnya menjadi bentuk machine-sensible (yang bisa dirasa mesin). Perangkat keyboard hanyalah salah satu dari jenis input device (perangkat input).

Proses

Pemerosesan dilakukan oleh mikroprosesor, meskipun ia mempunyai fungsi yang sangat berbeda, hampir sama konstruksinya dengan main memory, sebab ia merupakan jenis chip silikon lain. Ia juga ditempatkan pada papan sirkut elektronik. Pada sebagian besar komputer yang lebih besar, pemerosesan dilakukan oleh sejumlah chip terpisah, sebagai pengganti mikroprosesor tunggal.

Kontrol

Setiap komputer mempunyai unit kontrol yang menjemput instruksi dari penyimpanan utama, menginterpretasikan instruksi itu, dan menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang diperlukan oleh komponen yang membentuk sistem itu. Ia mengarahkan semua operasi hadware yang diperlukan untuk mematuhi instruksi itu.

Penyimpanan

Penyimpanan (storage). Data dan instruksi memasuki main storage (penyimpanan utama), dan disimpan sampai diperlukan untuk bekerja. Instruksi tersebut mengarahkan tindak yang akan diambil pada data. Hasil tindakan tersebut akan disangga sampai ia diperlukan untuk output. Penyimpanan utama dilengkapi dengan auxiliary storage (penyimpanan tambahan) yang lebih murah, yang juga disebut backing storage (penyimpanan cadangan), (misalnya, hard disk (1.9b) untuk tujuan penyimpanan massal. Penyimpanan cadangan berperan penting dalam menyangga “maintained data” (data yang dipelihara), yakni data yang disangga oleh komputer, sehingga ia bisa memberikan informasi kepada pemakai apabila diperlukan.

Output

Output mempunyai dua bentuk alternatif. Data bisa dicetak ke dalam lembaran kertas dengan menggunakan laser printer atau bisa ditampilkan pada layar monitor. Hasil-hasil diambil dari penyimpanan utama dan dimasukkan ke output device (perangkat output).  Perangkat ini bisa berupa printer, dimana dalam hal ini informasi tersebut secara otomatis diubah ke bentuk tecetak (printed form) yang disebut hard copy.

B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak

– Evolusi Perangkat Lunak

A.Era Pioneer (Tahun 1950 – 1960)

-Proses Batch

-Distribusi Terbatas

-Pembuatan Khusus

B.Era Stabil (Tahun 1970 – 1980)

-Multi User

-Real Time

-Database

-Produk Perangkat Lunak

C.Era Mikro (Tahun 1980 – 1990)

-Sistem Tersebar

-Penanaman Kecerdasan

-Perangkat Lunak Murah

D.Era Modern (Tahun 1990 – 2000an)

-Sistem Desktop

-Teknologi Objek

-Sistem Pakar

-Pemrosesan Paralel

-Jaringan Komputer

– Klasifikasi Perangkat Lunak

     1. Perangkat Lunak Sistem

-Bahasa Pemrograman

-Bahasa Pemrograman Generasi Pertama

Menggunakan Bahasa Mesin dengan suatu rangkaian angka 0 dan 1.

-Bahasa Pemrograman Generasi Kedua

Menggunakan Bahasa rakitan (Assembler)

-Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga

Menggunakan Language translator, kompiler dan interpreter

Contoh : Basic, Pascal,Fortran,C++,Cobol

-Bahasa Pemrograman Generasi ke empat

Bahasa Non prosedural yang memungkinkan seorang programmer

menginstruksikan apa yang harus di lakukan komputer daripada bagaimana

melakukannya

-Sistem Operasi

A.Sistem Operasi Berbasis Teks

Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang masih berbasis dos atau cmd, sistem operasi ini mulai berkembang pada generasi kedua dan dasar dari pembuatan sistem operasi ini menggunakan bahasa assembly.

Macam – Macam Sistem operasi berbasis teks :

-Windows 95,97 dan 98

-Ms-DOS V.205, Ms-DOS V.3.0, Ms-DOS V.3.2

-Ms-DOS V.3.3, Ms-DOS V.4.0, Ms-DOS V.5.0

Macam – Macam Perintah Sistem operasi berbasis teks :

DIR,COPY,DEL,REN,MOVE,MD,CD,RD DLL

 B.Sistem Operasi Berbasis Grafis

Sistem operasi berbasis grafis atau biasa disebut GUI ini adalah sistem operasi yang sudah menggunakan grafi user interface untuk mempermudah user yang akan menggunakan nya, sistem operasi ini adalah pengembangan lanjut dari sistem operasi berbasis teks.

beberapa sistem operasi berbasis grafis antara lain :

-windows 2000, windows xp,windows vista, windows 7, windows 8 dll

-linux ubuntu 14.04, linux bactrack,linux mint dll

-Mac Os 10.10 El Capitan, Mac Os 10.12 Sierra dll

-Utility

Adalah program bantu yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang behubungan dengan sumber daya sistem. terdapat 2 macam utility yaitu:

-Utility Internal = utility yang terdapat di dalam os yang telah diinstall

-Utility eksternal = Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu.

Contoh dari Utility :

a. Back up
b. Character Map
c. Disk Cleanup
d. Disk Defragmenter
e. Files and Setting Transfer Wizard
f. Internet Explorer
g. Scheduled Task
h. System Information
i. System Restore

    2. Perangkat Lunak Aplikasi

– Aplikasi Office

adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengerjakan tugas tugas tugas yang berhubungan dengan presentasi, kata , angka bahkan yang berhubungan dengan database. ada berbagai macam aplikasi office seperti :

-Microsoft word

-Microsoft Excel

-Microsoft Powerpoint

-Microsoft Access

-Aplikasi Multimedia

Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

Macam – Macam aplikasi multimedia :

A.Media Player

Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan atau memainkan audio atau video.

Contoh : Windows media player,winamp,real player, windows media classic

B.Audio/Video Editor

Perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi atau mengedit informasi yang berupa video atau audio.

Contoh : adobe premiere pro, windows movie maker,gimp

C.Image viewer

Perangkat lunak yang digunakan untuk melihat informasi yang berupa gambar.

Contoh : acdsee,xnview

-Aplikasi Internet

adalah suatu aplikasi yang berhubungan dengan jaringan dan digunakan untuk mencari suatu informasi lain nya.

-WWW

WWW (World Wide Web) yaitu dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server yang ada di seluruh dunia. Dokumen web ini dibuat dengan memakai format HTML.

-E- Mail

E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet yang di prgunakan untuk komunikasi surat-menyurat dalam bentuk komunikasi elektronik. Ada situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo! Dan Gmail,dan masih banyak lagi yang lainnya

-Ping

Ping adalah aplikasi internet atau juga bias di sebut Packet Internet Gopher yang sering dipakai untuk mengetaui apakah komputer yang anda pakai terhubung dengan komputer lain di internet.

-Mailing List

Mailing List atau Milis adalah sebuah aplikasi internet yang dipergunakan sebagai sarana komunikasi diskusi atau bertukar informasi dalam bentuk kelompok melalui e-mail.

 

Sumber : https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/

http://staffsite.gunadarma.ac.id/

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer

http://masterz-seo.blogspot.com/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html

https://hennysyafrina.wordpress.com/2012/11/04/sistem-operasi-berbasis-gui-text/

http://renianggraeni9b.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-perangkat-lunak-utility.html

http://ryzchacha.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-multimedia-dan-aplikasi.html

Pengertian Aplikasi Internet Beserta Penjelasannya

http://ari2494yandita.blogspot.co.id/2013/01/pemanfaatan-ti-di-segala-bidang.html

Tinggalkan komentar